EDUKASIHALAL

Air Zamzam

Bagi jamaah Haji atau Umroh tentu tidak asing lagi dengan air Zamzam, mata air mulia yang terdapat pada masjidil haram ini menjadi sumber air bagi jamaah untuk bersuci & minum

Demi menghormati kemulyaan air Zamzam para Ulama memakruhkan menggunakan air Zamzam untuk hal-hal kecil seperti mencuci, mandi dan lain-lain

Air Zamzam
Minum Air Zamzam

Zamzam زمزم artinya banyak atau melimpah-ruah, sesuai dengan sifatnya mata air ini yaitu berkah, tidak membanjiri kota mekah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan jamaah haji yang datang dari seluruh dunia.

Mata air Zamzam terletak 11 meter dari Ka’bah

Mata air zamzam mampu mengeluarkan air sebanyak 18,5L/detik atau 39.600L/jam, tapi anehnya Air hanya akan keluar jika dibutuhkan.


Sejarah Air Zamzam

Mata air Zamzam pertama kali ditemukan ± 4000 tahun yang lalu, oleh Ibunda Siti Hajar (Istri Nabi Ibrahim), yang kebingungan saat nabi Ismail kecil menangis ingin minum

Dalam keadaan panik Ibunda Siti Hajar berlari bolak-balik dari Bukit Shafa ke Marwa sebanyak 7 kali, tiba-tiba ada air yang keluar dari bawah kaki Ismail yang mungil, Siti Hajar pun dengan cepat mengumpulkan air sambil berkata zam zam zam zam,,,

Inilah salah satu rukun Umroh / Haji yaitu Sai (berjalan dari shafa ke marwa).

Sepeninggalnya nabi Ismail sumber mata air Zamzam sempat mengering dan menghilang, karena suku Jurhum yang menguasai Mekkah telah berbuat zalim kepada orang yang mengunjungi Baitullah.

Pada jaman nabi Muhammadﷺ sumber mata air ini ditemukan oleh kakeknya yaitu Abdul Muthalib, yang mendapat mimpi berulang-ulang untuk menggali sumur di dekat Ka’bah.

Hingga saat ini air Zamzam terus mengalir dengan keberkahan.


Ciri Khas Air Zamzam

Rasanya agak getir, dan texture nya seperti minyak kelapa, jika sudah sampai ke indonesia biasananya akan sedikit berubah

Bisa bertahan hingga 5 tahun tanpa mengalami perubahan

Jika di kocok maka air Zamzam tidak berbusa.


Khasiat & Keutamaan Air Zamzam

Air Zamzam merupakan air termurni yang ada didunia, sehat dan menyehatkan

Air zamzam memiliki berbagai kandungan yang baik seperti Flour Alami, Kalsium, Magnesium, Hidrogen, Nitrat dan lain-lain.

Meminum air Zamzam juga bisa menjadikan efek kenyang, bahkan ada video yang menunjukkan, ikan yang dibekukan bisa hidup kembali saat diletakkan pada air Zamzam.

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ

“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

Orang yang meminum air Zamzam tergantung dari niatnya, bisa sebagai obat atau makbulnya doa baik untuk dunia atau akherat, sesuai hadis nabi :

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ يَقُوْلُ: مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Dari Jabir berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zamzam itu tergantung niat orang yang meminumnya”. (HR. Ibnu Majah 2/1018)


Cara Membawa Air Zamzam dari Mekkah Ke Indonesia

Demi menjaga keamanan penerbangan, para jamaah haji tidak boleh memasukkan air kedalam koper.

Masing-masing jamaah akan mendapatkan air zam-zam 5L dari Penyelenggara Ibadah Umroh / Haji nya.


Demikianlah artikel tentang air Zamzam, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua.

Published: 14/02/20

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *