TRAVELING

Warsawa, Kota Ikonik Klasik Bekas Puing-Puing

PA| Warsawa– Berada di Kota Warsawa, Polandia terasa kita dibawa ke masa abad-abad silam. Bangunan klasik nampak menghiasi kota yang kerap jadi tujuan wisata ini. Tak heran jika Kota Tua ini masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kota Warsawa memiliki ikon unik yang berada di pusat kota. yaitu sebuah Putri Duyung dengan perisai di tangan kirinya dan pedang di tangan kanannya. Dialah yang biasa disebut sebagai Syrenska Warszawska, berjaga di Rynek Starego Miasta, alun-alun balai kota yang jadi pusat kota tua.

Syrenska hanyalah lambang pengawal Warsawa. Sejatinya itu adalah semangat warganya untuk membangkitkan kembali kota itu dari puing-puing akibat peperangan dahsyat tempoe doeloe.

Warsawa didirikan sekitar abad ke-13. Lokasinya dekat sungai. Selama berabad-abad riwayatnya, kota itu berkali-kali dihancurkan oleh kebakaran, orang Jerman, orang Rusia, dan tiap kali kota itu dibangun lagi.

Ketika invasi Jerman tahun 1939, kawasan perumahan dan gedung-gedung penting kota itu dibom. Sebagian dari Kota Tua dibangun kembali. Namun, menyusul pemberontakan oleh warga Warsawa pada Agustus 1944, kota itu dihancurleburkan sebagai pembalasan pasukan pendudukan Nazi.

Sekitar 85 persen kota hancur menjadi puing. Namun, ketika perang usai, warga membangunnya kembali. Antara tahun 1945 dan 1966, bangsa itu bertekad menghidupkan kembali Kota Tua dan membangunnya dengan cermat.

Melihat keunikan kota tua ini, akhirnya pada tahun 1980, Kota Tua Warsawa dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya. Bukan cuma wilayah tertua di Warsawa, tempat ini juga menjadi pusat atraksi dan hiburan bagi warga lokal maupun wisatawan mancanegara.

Di destinasi ini, para wisatawan bisa menikmati nuansa Polandia jaman dulu di kafe, restoran, dan pasar. Tidak hanya itu saja, suvenir-suvenir khas Polandia juga dapat tersedia di Kota Tua Warsawa.

Di Warsawa, wisatawan disuguhi beberapa bangunan bersejarah dan ikonik. Salah satunya adalah Plac Zamkowy atau The Castle Square, yang menjadi tempat incaran para turis ketika datang ke Kota Tua.

Kota yang fenomenal ini menjadi salah satu daftar kunjungan wisatawan yang dipandu oleh perusahaan tour and travel Adinda Azzahra, dengan tour leadernya dipimpin langsung oleh TL berpengalaman H. Priyadi Abadi, M.Par.

Adinda Azzahra menjalani tripnya dari 2-13 Desember 2018 menuju Eropa, tepatnya di Polandia, Hongaria, Ceko, Slovakia, Austria dan German. Mau menjelajahi kota-kota tua di Eropa? Yuk daftarkan diri ke Adinda Azzahra yang dipandu langsung tour leader yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.[Fro]

Published: 04/12/18

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *