TRAVELING

Toledo, Pesona Kota Klasik Pencetus Renaissans

PA| Toledo–Toledo, disinilah lahirnya Renaissans Romawi saat itu. Lokasinya berada 70 kilometer di barat daya Madrid, di sebuah perbukitan di atas dataran tinggi La Mancha. Tiga sisi kota ini dikelilingi Sungai Tajo sebagai benteng alam.
Toledo menjadi lokasi strategis rute dari Emerita (Merida modern di barat daya) menuju Caesar-Augusta (Zaragoza modern) di timur laut. Toledo sempat menjadi ibu kota Visigothic sebelum dikuasai Iberia pada 510 M hingga akhirnya ditaklukkan Muslim pada 711 M.
Toledo menjadi kota kunci era Andalusia saat pengaruh kepemimpinan Islam di bawah kekhalifahan Umayyah. Ketika Toledo menyerah pascaserangan Kristen di bawah pimpinan Alfonso VI pada 1085.
Hilangnya Sevilla dan Granada dari tangan kepemimpinan Islam menggoda Amazigh (Berber) Almoravid dari Afrika Utara untuk bergabung mendukung pasukan Kristen, hingga akhirnya kedua kota itu berada di bawah kepemimpinan Kristen.
Selama abad ke-13, pempimpin Kristen, Alfonso X, mendirikan pusat ilmu di Toledo. Di sana, karya-karya ilmuwan dalam bahasa Arab di bidang matermatika, astronomi, kedokteran, botani, dan bidang-bidang keilmuan lain diterjemahkan ke Bahasa Latin. Toledo menjadi pusat transmisi intelektual dari peradaban Islam ke peradaban Eropa. Dari sanalah cikal bakal Renaissans berasal.
Toledo juga dikenal dengan kerajinan logam, terutama senjata. Produk logam para ahli di sana sangat kental dengan kebudayaan Islam. Perhiasan dan kerajinan emas serta logam hitam lazim disebut damasquinos, merujuk sebuah kota di Suriah, Damaskus.
Nuansa abad pertengahan sangat terasa di Toledo dengan jalan-jalan yang tepiannya ditata batu dan aneka kerajinan. Dengan populasi sekitar 75 ribu orang, UNESCO menetapkan Toledo sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada 1986.
Dalam perjalanan wisata muslim dan tadabur alam rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel akhirnya bisa sampai ke destinasi fenomenal ini. Perjalanan mulai 10-21 November 2018 di tiga negara Maroko, Spanyol dan Purtugal menyimpan banyak kenangan.
Nah kebayangkan klasiknya Toledo dari masa ke masa dengan peninggalan sejarahnya membuat wisatawan yang datang akan berdecak kagum. Mau tau soal destinasi Toledo? Yuk daftarkan segera ke Adinda Azzahra Tour & Travel saja. [Fro]

Published: 23/11/18

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *