TRAVELING

Pesona Eksotik Masjid Hijau di Bursa Turki

PA| Bursa–Perjalanan rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel tiba di sebuah Masjid Hijau yang memiliki kubah berwarna hijau di daerah Bursa Turki. Perjalanan ini merupakan rentetan trip yang diselenggarakn sejak tanggal 19-26 April 2019.

Hampir selama delapan hari, rombongan yang dipandu oleh senior tour leader H. Priyadi Abadi, MPar ini menyinggahi di beberapa kota di Turki. Seperti Ankara, Cappadocia, Konya, Pamukkale, Kusadasi, Bursa, dan Istanbul.

Bursa merupakan kota kecil yang berada di Turki, yang mudah dijangkau dari Istanbul. Tercatat dalam sejarah bahwa kota kecil ini pernah menjadi Ibukota kesultanan ottoman. Terletak di dataran tinggi yang disebut Udulag. Warga sekitar sering menyebutnya dengan nama “Green Bursa”, dinamakan demikian karena banyak tanaman-tanaman hijau yang tumbuh menghiasi wilayah tersebut.  

Bukan hanya taman, bahkan masjid pun dipoles dengan warna khas hijau, dialah Masjid Hijau (Green Mosque) atau Yesil Camii atau Masjid Mehmed I. Masjid yang terletak di Yesil 16360 Yildirim / Bursa, Turki ini merupakan salah satu masjid tua yang berada di bekas ibukota Negara Emperium Usmaniyah.

Masjid Hijau memiliki eksterior dan interior masjid yang didominasi dengan warna hijau dan hijau toska. Mirip dengan masjid Sultan Ahmed Istanbul yang dikenal dengan “Blue Mosque” karena keseluruhan bangunannya didominasi oleh warna biru.

Ciri khasnya yaitu berupa kubah yang besar dan menara yang dibangun sangat tinggi pada bangunan masjid Emperium Usmaniyah. Pada masa pemerintahan Sultan Celebi Memet tepatnya di tahun 1419 masjid Yesil mulai dibangun dan rampung tahun 1421 secara keseluruhan.

Pada bagian mihrab masjid tingginya mencapai 10 meter dan berbentuk cerukan ke dalam tembok dengan ornamen sarang lebah menggantung seperti stklaktit di bagian sisi atasnya. Yang berbeda dengan masjid-masjid Usmaniyah adalah tidak terdapat dua pilar besar di sisi kiri kanannya.

Bagian mihrab itulah yang sangat indah dan menonjol dengan hiasan keramik. Ditambah dengan sebagian besar dari interior masjid Yesil dihiasi dengan  keramik buatan tangan membuat masjid ini unik dan berbeda dengan masjid lainnya pada saat era Usmaniyah.

Penasaran dengan Masjid Hijau dan destinasi wisata menarik di Turki? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus. Tunggu apalagi, segera daftarkan segera jadwal trip menarik lainnya. [fro]

Published: 23/04/19

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *