TRAVELING

Napak Tilas Kejayaan Islam di Madrid Spanyol

PA| Madrid–Islam pernah berjaya di Spanyol, tepatnya semasa kekuasaan Khalifah Bani Umayah yang berkuasa di Andalusia selama 700 tahun sejak penaklukan Tariq Bin Ziyad di tahun 711M. Karenanya tak heran jika banyak peninggalan situs Islam di negeri ini, begitu juga banyak organisasi Islam berdiri secara resmi di Madrid, Spanyol.

Adalah Federación Española de Entidades Religiosas Islámicas (FEERI) organisasi yang khusus menaungi para mualaf, berdiri sejak 1989. Terdapat pula Asociación Musulmana de España, asosiasi Muslimin pertama yang terdaftar di Madrid pada 1971, dan masih banyak lainnya.

Terdapat pula sebuah Islamic center bernama Centro Cultural Islámico Madrid yang berlokasi di Salvador de Madariaga. Islamic center tersebut memiliki banyak aktivitas keislaman, baik internal maupun eksternal. Mereka berusaha mengenalkan budaya Islam di Kota Madrid.

Di Kota Madrid terdapat dua masjid besar. Satu berlokasi di Salvador de Madariaga dan satu lain berada di Anastasio Herrero. Terdapat pula tiga masjid kecil di kawasan Lavapies.

Namun,  menurut Rita Gomes Faria dalam artikelnya “Islam in Madrid”, dikutip dari halaman web euro-Islam, jumlah masjid atau mushala atau sekadar tempat shalat yang kecil ukurannya berjumlah puluhan.

Salah satu masjid besar bernama Mezquita de Omar Madrid atau Mezquita de la M-30. Berlokasi di Salvador de Madariaga, masjid tersebut merupakan markas Islamic Center Centro Cultural Islámico Madrid sekaligus kantor pusat FEERI.

Wah seru pastinya kalau kita bisa langsung berkunjung ke Madrid, Spanyol untuk napak tilas kejayaan Islam di Eropa ini. Pada 10-21 November 2018 lalu, rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel berkunjung ke Islamic center Madrid.

Mau ikuti jejak wisatawan muslim di Eropa, Yuk daftarkan diri Anda untuk menikmati perjalanan wisata muslim dan tadabur alam ke Eropa. Traveling bersama Adinda Azzahra, insya Allah menyenangkan dan penuh kesan. [Fro]

 

 

 

Published: 24/11/18

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *