TRAVELING

Menulusuri Bekas Perang di Kamp Konsentrasi Auschwitz

PA| Polandia–Masih ingat kekejaman Nazi? Ada satu tempat yang layak dikunjungi untuk melihat secara langsung bekas-bekas kekejaman Nazi yang ada di Polandia. Dialah Kamp Konsentrasi Auschwitz- yang menjadi simbol dari genosida yang dilakukan rezim Nazi di saat Perang Dunia ke-2.

Pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz pada tanggal 27 Januari 1945, tepat 70 tahun lalu oleh Tentara Merah Uni Sovyet menandai awal berakhirnya rezim Nazi yang kejam dan brutal. Kamp tahanan maut itu hingga diserbu serdadu Uni Sovyet mencatat kisah kelam, tewasnya 1,5 juta tahanan kebanyakan warga Yahudi Eropa.

Auschwitz menjadi simbol paling kejam dan brutal dari aksi pembantaian yang disebut Holocaust yang membunuh sekitar 5,6 juta Yahudi di seluruh Eropa.

Yang paling mengerikan dari kamp Auschwitz adalah kamar gasnya. Lebih 900.000 tahanan Yahudi langsung dikirim ke kamar gas untuk dibunuh dan jasadnya dikremasi. Sekitar 200.000 tahanan Yahudi lainnya tewas akibat kerja paksa, percobaan kedokteran, kelaparan, penyiksaan dan penyakit yang mereka derita.

Bekas kamp konsentrasi Auschwitz yang dulu masuk wilayah kekaisaran ketiga Jerman kini termasuk kawasan kota Oswiecim di Polandia. Kompleks tahanan kerja paksa dan pemusnahan etnis itu dibangun tahun 1940 dan diperluas lagi tahun 1941 dengan kamp Auschwitz-Birkenau.

Tanggal 1 September 1939, Hitler memerintahkan serangan ke Polandia, dengan alasan membalas serangan Polandia ke wilayah Jerman. Tapi itu hanya alasan yang dibuat-buat. Inggris dan Perancis, yang menjadi sekutu Polandia, tanggal 3 September menyatakan perang terhadap Jerman.

Bekas kamp Konsentrasi Auschwitz-Birkenau sejak 1979 ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO dan dijadikan museum untuk menunjukkan kekejaman rezim Nazi selama perang dunia kedua. Dan sejak tahun 1996, tanggal 27 Januari ditetapkan sebagai hari peringatan bagi korban kekejaman Nazi.

Wah pasti seru destinasi yang sarat dengan sejarah kekejaman Nazi. Adinda Azzahra menjalani tripnya dari 2-13 Desember 2018 menuju Eropa, tepatnya di Polandia, Hongaria, Ceko, Slovakia, Austria dan German.

Mau lihat langsung bekas-bekas peninggalan sejarah ini, Adinda Azzahra Tour & Travel membuka peluang bagi wisatawan muslim untuk mengunjungi kamp Auschwitz. Yuk daftarkan diri ke Adinda Azzahra yang dipandu langsung tour leader yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. [Fro]

Published: 05/12/18

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *