TRAVELING

Mengunjungi Masjid Terbesar di Prancis

PA| Strasbourg—Eropa Barat menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan mancanegara. Ternyata di balik keindahan panorama di Eropa Barat, terutama di Prancis menyimpan khazanah Islam yang perlu wisatawan Muslim ketahui.

Adinda Azzahra Tour & Travel yang fokus memberangkatkan wisatawan Muslim asal Indonesia mengambil gaya yang berbeda, di setiap kunjungannya selalu menjadwalkan kunjungan ke beberapa masjid di Eropa Barat, sebagai salah satu kampanye wisata Islam di Eropa.

Kunjungan rombongan  Adinda Azzahra Tour & Travel yang dimulai sejak tanggal 12-24 Maret 2019  ini mengunjungi 16 kota di Eropa Barat. Salah satunya adalah kunjungan ke Masjid Besar Strasbourg di Prancis.

Masjid Besar Strasbourg merupakan masjid terbesar di Prancis. Masjid yang menempati lahan seluas 2.000 meter persegi ini mampu menampung 1.500 jamaah pria dan wanita.

Ternyata, untuk membangun Masjid Besar Strasbourg ini tidaklah mudah. Perjuangan yang dilakukan komunitas Muslim di Prancis berlangsung sekitar 20 tahun hingga bisa mendirikan sebuah masjid megah.

Pembangunan masjid di Strasbourg ini telah dimulai sejak akhir tahun 1970-an. Berbagai pertemuan dan konferensi membahas pembangunan masjid telah dilakukan antara komunitas muslim Strasbourg dan pemerintah kota namun belum menghasilkan keputusan.

Hingga akhirnya pada tahun 1993, Walikota Strasbourg saat itu, Catherine Trautmann memutuskan membangun masjid berukuran besar serta pihak kota Strasbourg akan membantu membiayai pembangunannya.

Masjid belum jadi dibangun, pihak konservatif Strasbourg sempat mengepung balai kota dan mengancam akan mengubur kembali masjid bila jadi akan dibangun. Demikianlah perjuangan umat Islam dalam membangun masji dbesar Strasbourg ini.

Dalam kesempatan ini, rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel yang berjumlah 20 peserta menjadikan Masjid Besar Strasbourg ini sebagai tujuan wisatanya. Selain ingin melihat khazanah Islam di Prancis juga sekaligus beribadah di dalamnya.

Rombongan Adinda Azzahra dipandu langsung oleh tour leader senior Priyadi Abadi yang juga Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF). [froz]

Published: 20/03/19

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *