TRAVELING

Mengenang Masjid Cordoba yang Kini Jadi Katedral

PA| Andalusia–Tepat di Tenggara Madrid yang terletak di kaki bukit Siera de Montena, bekas Masjid Cordoba nan megah ini berada. Kini, bangunan yang ada di Andalsuia ini berubah menjadi Kathedral Mezquita. Masjid Cordoba menjadi saksi kemasyhuran peradaban Islam di bumi Spanyol tempo dulu.

Masjid Cordoba ini dulunya sebuah katedral bernama Visigoth St Vincent. Pertama kali diubah menjadi Masjid tahun 784 M dibawah kepemimpinan Abd ar-Rahman I. Masjid terus mengalami renovasi saat pemerintahan Abd ar-Rahman II dibangun menara.

Sementara di masa pemerintahan Al-Hakam II masjid diperbesar dan dibangun mihrab. Renovasi terakhir dilakukan pada masa al-Mansur Ibn Abi Aamir tahun 987 dengan membangun penghubung dengan istana.

Masjid Cordoba menjadi pusat keislaman di Andalusia selama tiga abad. Cordoba yang menjadi pusat pemerintahan Islam di Spanyol juga turut menjadikan Masjid yang pernah bernama Al Jami ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan dan aktivitas warga.

Masjid kembali berubah menjadi katedral pada masa penaklukan tentara Kristen pada abad ke-16. Bagian tengah masjid berubah menjadi altar utama dan tempat paduan suara. Arsitekturnya sangat khas peninggalan Islam dengan pilar-pilar dan struktur marmer.

Menaranya yang tinggi menjulang dan megah telah berubah menjadi tempat lonceng kebaktian gereja untuk menyembunyikan karakter Islamnya. Adapun dinding-dindingnya masih dipenuhi dengan ukiran ayat-ayat Alquran yang mencitrakan daya artistik yang tinggi.

Masjid ini sekarang menjadi salah satu bagian dari tempat sejarah yang paling masyhur di dunia. Tepat pada 15 Desember 1994 ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan bersejarah dan penting di dunia.

Untuk itulah, rombongan Adinda Azzahra Tour & Travel yang dipandu oleh H. Priyadi Abadi, M.Par ini menjadikan destinasi ini sebagai ajang untuk bertadabbur. Perjalanan tour mulai tanggl 10-21 November ini sangat berkesan. Mau wisata muslim ke situs-situs peninggalan Islam di Eropa? Yuk daftarkan saja ke Adinda Azzahra. [Fro]

 

 

 

Published: 18/11/18

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF)

Direktur Utama Adinda Azzahra Grup

Founder & CEO Muslim Holiday Konsorsium

Ketua Umum ATLMI (Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *